Pages

Monday, July 4, 2011

MINERAL MINERAL PENTING

Boron
Menjaga kalsium dalam tubuh dan dapat mengaktifkan vit. D.
Buah buahan dan sayuran segar merupakan sumber utama boron, diantaranya kol, selada, kacang polong, kacang buncis, apel, anggur, kacang kedelai, kurma, buah prem, kismis, kacang almond, dan kacang tanah.

Kalsium
Mineral anti stress, menormalkan fungsi jaringan syaraf, untuk kesehatan otot, penggumpalan darah dan mempertahankan kesehatan tulang dan gigi.
Sumber kalsium yang baik adalah sirup blackstrap, tepung karop,buah sitrus, kacang kering, buah ara kering, sayuran hijau, susu dan produk susu lainnya, kacang tanah, kacang wijen, kacang kedelai, biji bunga mathari dan kenari.

Khlor
Mineral ini membantu pencernaan dan penting bagi susunan asam zat asam garam dan dalam perut, membantu anda agar tidak tegang karena merangsang dan mengatur gerakan otot.
Sumber khlor yang paling baik adalah buah zaitun.

Khrom
Selain membantu mencegah dan menurunkan tekana darah tinggi, bekerja juga sebagai pencegah diabetes.
Sumber khrom yang paling baik adalah ragi dan minyak jagung.

Kobalt
Penting untuk sel darah merah dan mencegah anemia.
Sumber kobalt adalah sayuran berdaun hijau,ragi, padi padian yang tumbuh pada tanah yang kaya mineral.

Tembaga
Berperan penting dalam berbagai sitem enzim, membantu mengembangkan dan memfungsikan syaraf. Di butuhkan juga untuk engubah zat besi menjadi hemoglobin.
Sumbernya adalah sayuran berdaub hijau dan padi padian.

Fluor (Fluorid)
Bekerja dengan kalsium untuk menguatkan tulang dan gigi.
Bisa di temukan pada almond, pucuk akar buah bit, wortel, bawang putih, sayuran hijau, susu, keju, gandum, biji bunga matahari.

Yodium
Bergungsi mempertahankan tingkat tenaga, mempertahankan kewaspadaan mental, meningkatkan kesehatan rambut, kulit, kuku dan gigi.
Sumbernya adalah brokoli, kol, wortel, bawang putih, selada, nenas.

Besi
Di butuhkan untuk metabolisme yang vit. B, bersama dengan mineral kobalt, tembaga dan mangan, besi penting mengasimilasikan vit.C. merupakan komponen vital dari hemoglobin yang menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi menyebabkan anemia.
Sumber nya adalah artichoke,asparagus,toge, bunga kol,buah buahan yang di keringkan, kuning telur, buah kiwi, sayuran yang berdaun, ganggang laut, biji bijian, kesemak, strawbery, semangka dan tepung beras.

Magnesium
Magnesium di butuhkan oleh setiap sel untuk menguraikan protein dan memanfaatkan lemak, vit. B dan beberapa mineral lainnya. Membantu meningkatkan kesehatan sistem pembuluh jantung dan memerangi depresi, memabntu kesehatan gigi, mencegah terbentuknya batu dalam ginjal dan kantung empedu dan meringankan masalah pencernaan.
Sumber magnesium yang baik adalah kubis alfalfa, kacang almond dan kacang kacangan lainnya yang di makan langsung dengan lapisan tipis kulitnya, apel, pucuk akar buah bit, beras merah, seledri, lobak, buah buahan yang di keringkan (termasuk buah ara), jeruk, kacang polong, anggur, sayur sayuran yang berdaun hijau, kentang, biji wijen, kacang kedelai, biji bunga matahari, kulit beras, benih gandum dan padi padian.

Mangan
Membantu mengaktifkan enzim yang penting bagi penggunaan biotin, vit. B1, vit. C. Di perlukan untuk struktur tulang yang sehat dan susunan tyroksin (hormon utama dalam kelenjar gondok), menormalkan fungsi sistem syaraf dan reproduksi, membantu mengurangi kelelahan dan rasa lekas marah serta meningatkan daya ingat.
Sumber alaminya adalah buah bit, kacang kacangan, kuning telur, sayuranberdaun hijau, kacang polong dan padi padian.

Molydenum
Mencegah anemia dan meningkatka kesehatan secara umum.
Sumbernya adalah sayuran yang berdaun gelap, tumbuhan polong dan padi padian.

Fosfor
Bekerja dengan kalsium untuk membangun tulang dan gigi serta membantu mempertahankan jaringan otak dan syaraf yang normal.
Sumbernya adalah jagung, produk susu yang rendah lemak, buah buahan yang di keringkan , kuning telur, tumbuhan polong, kacang kacangan, biji bijian dan padi padian.

Kalium
Bersama dengan sodium , kalium membantu mempertahankan keseimbangan kiia dan elektris antara jaringan darah. Kedua nutrisi ini harus dalam keadaan seimbang untuk mempertahankan kontraksi otot dan perpindahan normal dari isyarat syaraf. Dapat berguna menjernihkan pikiran dan memberikan persediaan oksigen kedalam otak, membuang sampah dalam tubuh, mengurangi tekanan darah rendah dan memantapkan perawatan terhadap alergi.
Sumbernya adalah pisang, sereal (padi padian), buah sitrus, sayuran baerdaun hijau, tumbuhan polong, daun mint, kacang kacangan, kentang, semangka.

Selenium
Mineral yang di butuhkan mempertahankan sirkulasi daran dan sistem kekebalan tubuh.
Zat ini bekerja dengan vit. C dan E untuk membantu menawar racun dalam tubuh, dapat juga berperan menetralkan beberapa agen yang menimbulkan kanker.
Sumber makanan yang mengandung nutrisi ini adalah sari buah apel, asparagus, ragi, telur, bawang putih, jamur, biji wijen, serela yang belum di suling, benih gandum dan padi padian.

Silikon (Silika)
Memberikan kesan hidup pada kulit, kilauan pada rambut, sentuhan yang indah pada seluruh tubuh. Penting untuk pengerasan dan fleksibelitas tulang, mempercepat penyembuhan tulang yang patah, mengurngi bekas luka pada daerah tersebut, membantu pembangunan jaringan yang berkaitan.
Sumbernya adalah apel, asparagus, buah bit, beras merah, wortel, seledri, ceri, jagung, telur, sayuran berdaun hijau, cabe merah dan hijau, selada, padi padian, jamur, gandum, bawang, buah per, kentang, peterseli, labu, gandum hitam, strawberi, tomat.

Sodium
Penting untuk menjaga keseimbangan kalsium dan kalium untuk mempertahankan detak jantung yang normal dan keseimbangan tubuh.
Sumber alami sodium antara lain asparagus, buah bit, wortel, seledri, kuning telur (mentah), buah ara, gambas, bubur gandum, kacang panjang dan lobak cina.

Sulfur
Di butuhkan untuk pengumpulan kolagen, membantu menjaga rambut tetap bersinar dan menjernihkan pikiran.
Makan yang mengandung sulfur mencakup kacang kacnagn, kulit beras, kol, kuning telur, bawang putih, bawang merah dan cabe (segala jenis cabe).

Vanadium
Di kaitkan dengan pengaturan zat zat elektris (seperti, sodium, kalium dan khlour) ke dalam dan keluar dari sel tubuh yang mempengaruhi penyimpanan makanan yang berlebihan sebagai lemak, juga mencegah pembentukan kolesterol dan penting untuk pertumbuhan tulang tulang rawan dan gigi.
Vanadium di temukan pada tumbuh tumbuhan (salah satunya adalah lobak), padi padian yang belum di suling.

Seng
Merupakan zat anti virus serta mempercepat penyembuhan luka baik luar maupun dalam.
Membantu mencegah masalah kelenjar prostat dan menyembuhkan ketidak suburan, menegah mati rasa, meningkatkan kewaspadaan mental, mengurangi penyimpanan kolesterol dalam pembuluh darah, dan di butuhkan untuk kese

No comments:

Post a Comment