Pages

Saturday, July 2, 2011

INFO SEPUTAR MAKANAN BERGIZI

Berikut ini adalah beberapa panduan tentang nutrisi yang penting dan sumber makanan yang mengandung nutrisi tersebut.

Vitamin A (Retinol)
Vitamin A penting untuk mempertahankan kesehatan rambut, kulit, selaput lendir yang melapisi rongga tubuh, organ organ pembuluh dan mata. Sumber vit. A yang baik adalah sayur-sayuran segar, khususnya sayuran hijau dan kuning seperti asparagus, brokoli, wortel,kangkung, daun sop, bayam, labu, pucuk ketela, lobak cina; buah buahan segar khususnya apricot, semangka, ceri, mangga, papaya dan peach; susu dan produk susu lainnya, dan minyak ikan.

Karatin
Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karatin seperti sayuran yang berdaun hijau, ubi rambat, ketela, wortel, brokoli, labu, semangka, dan aprikot, memberi keuntungan terhadap sistem kekebalan tubuh.

Vitamin B Kompleks
Berfungsi untuk mempertahankan sistem kesehatan syaraf. Vitamin B kompleks terdapat dalam ragi, sayur-sayuran yang berdaun hijau, kacang kacangan, tepung terigu, dan berbagai macam sereal.

Vitamin B1 (Thiamin)
Vit. Ini penting untuk pertumbuhan.
Sumber thiamin yang baik di antaranya adalah kacang brazil, ragi, tepung gandum, semangka, sayuran yang berdaun hijau, tumbuhan polong, kentang, gandum, kacang kedelai, biji bunga matahari, padi dan jagung.

B2 (Riboflavin)
Membantu pertumbuhan dan reproduksi, meningkatkan kesehatan kulit, rambut dan kuku. Sumbernya adalah kacang almon, r
Agi, brokoli, tepung gandum, semangka, sayur sayuran yang berwarna hijau gelap, tumbuhan polong, kacang, buncis, susu dan produk susu lainnya, jamur, biji bunga matahari, benih gandum dan biji-bijian lainnya.

B3 (Niasin, Asam Nikotin, Nikotin Amid)
Sebagai anti oksidasi dan membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, mengurangi gangguan pada perut dan usus.
Terdapat pada asparagus, ragi, sayuran yang berdaun hijau, tumbuhan polong, kacang-kacangan, kentang,biji-bijian, padi dan produk padi lainnya.

B5 (Asam panthothenic, Pantothenol, Kalsium Panthothenat)
Menambah kekebalan tubuh dan membantu menyembuhkan luka, mencegah kelelahan dan meningkatkan tenaga.
Vitamin B5 di peroleh dari alpukat, ragi, beras merah, kol, kembang kol, sayuran hijau, tumbuhan polong, susu, jamur, ketela, tomat, minyak sayur yang belum di suling, benih gandum dan padi padian.

B6 (Pyridoksin)
Selain mempertahankan kekebalan tubuh juga berfungsi untuk mencerna protein dan lemak secara sempurna dan untuk memproduksi hormon.
Terdapat pada apel asparagus, alpukat, pisang, sirup hitam, ragi, beras merah, tepung terigu, kol semangka, wortel, telur, sayuran berdaun hijau, susu, kacang polong,kismis, biji bunga matahari, tomat, benih gandum dan padi padian.

B9 (Asam Folic, Folat, Folacin)
Penting untuk menjaga fungsi system yang normal serta produksi dan perkembangan sel darah.
Sumber vitamin B9 adalah apricot, alpukat, kacang kacangan, wortel, kuning telur, sayuran berdaun hijau, bawang hijau, labu, tempe, padi dan produk padi lainnya.

B12 (Cobalamin, Cyano-cobalamin)
Penting untuk menghasilkan dan meregenerasi sel darah merah, membantu mempertahankan kesehatan system saraf dan berguna untuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan keseimbangan.
Terdapat pada tempe, telur, susu. Vit B12 juga di kumpulkan oleh bakteri usus.

B15 (Asam Pangamic)
Memperpanjang jangka waktu hidup sel, membantu menurunkan tingkat kolesteroldalam darah dan menghilangkan gejala kejang jantung dan asma.
Dapat di peroleh dari ragi, beras merah, biji labu, biji wijen dan padi padian.

Biotin (Koenzim R, Vitamin H)
Penting untuk metabolisme, menjaga kesehatan sistem syaraf, mencegah timbulnya uban dan rambut rontok secara berlebihan.
Sumber bioti antara lain ragi, beras merah, kuning telur, buah buahan segar, tumbuhan polong, kacang kangan, benih gandum dan padi padian.

Kholin
Membantu mengontrol kolesterol dan jaringan saraf khususnya yang berkaitan dengan daya ingat.
Sumber kholin yang baik mengcakup kuning telur, sayuran yang berdaun hijau dan benih gandum.

Inositol
Membantu menurunkan tingkat kolesterol, meningatkan kesehatan rambut dan mencegah kerontokan rambut yang berlebihan.
Terdapat pada ragi, kol, semangka, anggur, kacang wijen (di keringkan), sirup, kacang kacangan, kismis dan benih gandum.

PABA (Asam Para-aminobenzoid)
Penting untuk kesehatan usus, metabolisme yang efektif, dan susunan jaringan darah yang sempurna, membantu kesehatan kulit dan menunda munculnya keriput.
Dapat di peroleh dari ragi, sayuran berdaun hijau,sirup, kulit beras, benih gandum, padi padian dan yogurt.

bersambung

No comments:

Post a Comment